Home > Uncategorized > Pendidikan Muhammadiyah Mencetak Generasi Ulama Sekaligus Intelek

Pendidikan Muhammadiyah Mencetak Generasi Ulama Sekaligus Intelek

Subhanallah… sungguh tak terasa ternyata telah 104 tahun Muhammadiyah telah mengabdi dan mencoba membenahi negeri ini. Ya… meski sebagian orang memandang dengan sebelah mata pada mulanya yaitu saat Muhammadiyah yang didirikan di kampung Kauman Yogyakarta, pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H/18 Nopember 1912 oleh seorang yang bernama Muhammad Darwis, kemudian dikenal dengan KHA Dahlan. Namun, kini tak seorangpun mampu menyembunyikan fakta tentang keberhasilan Muhammadiyah dalam beberapa perannya dalam masyarakat.

Peran Muhammadiyah yang sangat terlihat saat ini adalah ketika kita melihat Muhammadiyah mampu berkarya dalam berbagai bidang kehidupan baik pelayanan sosial, kesehatan, pendidikan bahkan hubungan dan bahkan kerjasama internasional pun menjadi bagian yang tak terlepaskan.
 

Pada bidang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga prguruan tinggi. Jika dulu KHA Dahlan memberikan pelajaran/pengetahuannya kepada laki-laki dan juga kepada kaum Ibu muda dalam forum pengajian yang disebut “Sidratul Muntaha”. Pada siang hari pelajaran untuk anak-anak laki-laki dan perempuan. Pada malam hari untuk anak-anak yang telah dewasa. Dan saat ini ribuan ‘cucu KHA Ahmad Dahlan’ yang telah menjadi guru-guru terbaik telah mengajarkan pendidikan mulai dari bangku sekolah(dunia nyata) hingga dunia maya(internet). Dari media cetak hingga elektronik baik radio bahkan televisi seolah menjadi bukti 

Pada cakupan yang kecil saja seperti di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, prestasi demi prestasi telah terukir. Sejarah mencatat bahwa sekolah ini telah mengantarkan anak didiknya yang bernama Krisna Attayendra menjadi duta Kabupaten Sidoarjo pada International Mathematic and Science Olympiad tahun 2008 di Lombok serta IMC Thailand sebagaimana tulisan yang dimuat di Jawa Pos, Selasa, 02 September 2008 dengan judul “Siswa SD Muhammadiyah I Terpilih Ikut International Mathematic and Science Olympiad,Berawal dari Obsesi, Kini Menjadi Prestasi “ dan Jawa Pos, Sabtu, 25 Oktober 2008 dengan judul tulisan “Siap Berjuang untuk Indonesia”

krisna

Setahun kemudian disusul prestasi M. Farras Rahmatullah yang meraih medali Perak(Silver Medal) pada IMC di Singapore tahun 2009 yang dimuat di Jawa Pos, Senin, 31 Agustus 2009 dengan judul “Siswa Muhammadiyah Juara IMC” dan di majalah Matan dengan judul “cerita tentang imajinasi Farras”

farras
farras1

Di tahun berikutnya di lanjutkan oleh Nadhifa Ayu Shafirra yang meraih medali perunggu(Bronze Medal) di IMC di Singapore tahun 2010
nadhifa
serta di lanjutkan estafet prestasinya oleh Annisa Fildzah larasati yang juga meraih perunggu(Bronze Medal) pada IMC Singapore di tahun 2012.

Tak hanya mendulang prestasi di bidang matematika, bidang teknologi yang lebih modern yang melatihkan keterampilan dan kecerdasan pemrograman komputer juga diperlihatkan pada prestasi di Bidang Robotika yang dimulai dari begitu banyak mulai kompetisi di Australia, Korea, Malaysia

adrian
habib

dan yang terbaru di Singapore dan di Bandung pada tahun 2013 juga meraih juara 1 dan 2.

 

adna

Prestasi-prestasi diatas tentu tidak didapatkan secara instan namun dengan perjuangan panjang para pendidik dan siswa yang dilatih dengan kedisiplinan tinggi dan tetap berpegang teguh dengan nilai islami yang menjadi dasar dalam keseharian anak didik menjadikan anak didik memiliki tak hanya kecerdasan di bidang akademik namun mampu menjadikan merekan memahami cara beribadah yang benar. Sehingga sesibuk apapun anak didik dalam kegiatan sehari harinya, namun mereka juga memiliki pemahaman agama yang sangat memadai sehingga mereka mampu mengamalkan ajaran agama dengan baik dengan terbukti tidak pernah meninggalkan sholat dan aktivitas ibadah lainnya. Maka tidak berlebihan jika kemudian dikatakan bahwa saat ini pendidikan Muhammadiyah mampu mencetak generasi ulama sekaligus intelek.

Referensi

http://www.muhammadiyah.or.id/id/content-50-det-sejarah.html
http://www.muhammadiyah.or.id/id/content-50-det-sejarah.html
https://belajarmatematikaonline.wordpress.com/liputan-media-massa

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: